Alam Sutera merupakan sebuah kawasan terpadu (mixed-use development)
yang berdiri di atas lahan seluas lebih dari 700 hektar di wilayah Serpong –
Tangerang. Kawasan yang mulai dikembangkan sejak tahun 1994 lalu ini telah
menjelma menjadi sebuah kota mandiri yang mapan, dinamis dan menjadi primadona
di wilayah barat Jakarta.
Terdiri dari kawasan residensial serta area komersial yang
terintegrasi dengan fasilitas pendukung lainnya, kawasan Alam Sutera
menghadirkan sebuah kenyamanan, sekaligus kemudahan hidup yang sulit ditemui di
kawasan lain. Berbagai fasilitas berkualitas premium mulai dari pendidikan,
hiburan, kesehatan, hingga pusat perbelanjaan telah hadir dan kian melengkapi
kawasan ini.
Hadirnya akses tol Alam Sutera di km 15 tol Jakarta-Merak,
yang diluncurkan September 2009 membuat Alam Sutera menjadi lebih dekat dan
mudah dijangkau dari Jakarta. Tak hanya itu, aksesibiltas yang baik tersebut
juga mampu menyediakan manfaat baik dari aspek sosial maupun ekonomi bagi
kawasan Alam Sutera dan sekitarnya.
Sebagai kawasan yang memiliki komitmen tinggi terhadap
lingkungan, seluruh proses perencanaan maupun pelaksanaan dalam pengembangan
kawasan merupakan implementasi dari ecological planning method, di mana dalam
setiap pengembangannya Alam Sutera selalu mengedepankan kondisi alam sekitar,
meliputi faktor topografi, hidrologi, akses, hingga demografi. Melalui seluruh
proses ini, Alam Sutera telah berhasil dalam menciptakan lingkungan yang
berkelanjutan dan memberikan banyak manfaat bagi seluruh warganya.
Terhitung hingga hari ini terdapat sekitar 32 (tiga puluh
dua) cluster perumahan di Alam Sutera, masing-masing terdiri dari 150 hingga
300 unit rumah. Jumlah populasi pun tercatat sekitar 4.500 keluarga dan akan
terus bertambah sesuai dengan perkembangan kawasan yang pesat.
Pesatnya pertumbuhan kawasan tersebut telah membuat Alam
Sutera semakin dipercaya oleh masyarakat sebagai pilihan dalam menciptakan
hidup yang berkualitas. Alam Sutera percaya bahwa semua upaya pengembangan
harus mengedepankan faktor lingkungan. Bagi Alam Sutera, faktor lingkungan
bukan hanya sebatas strategi pemasaran melainkan sebuah komitmen yang harus
konsisten dilaksanakan.